B. Ketentuan Sholat Berjamaah

B. Ketentuan Sholat Berjamaah
     1. Syarat Menjadi Imam
              Jika kamu melaksanakan sholat berjamaah, paling sedikit harus ada dua orang atau lebih. Satu orang menjadi imam, dan yang lain menjadi makmum. Yang dimaksud imam dalam sholat adalah seseorang yang diangkat untuk memimpin pelaksanaan sholat berjamaah.
              Secara umum ketentuan untuk menjadi imam sholat meliputi: 
1.    Imam hendaklah orang yang lebih dalam ilmu agamanya
2.    Imam hendaklah orang yang lebih fasih bacaan Al-Qur'annya dan banyak hafalannya
3.    Imam hendaklah orang yang memahami hukum-hukum sholat
4.    Imam hendaklah berdiri di depan makmun
5.    Imam hendaklah orang yang berakhlak mulia
6.    Imam hendaklah berniat menjadi imam
 
2. Syarat Menjadi Makmum
           Makmum dalam sholat berjamaah adalah orang yang dipimpin oleh seorang imam dam menjadi pengikut di dalam sholat atau orang yang ikut bersembahyang di belakang imam.
           Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi makmum dalah sholat berjamaah sebagai berikut.
1.    Makmum hendaklah berniat menjadi makmum
2.    Makmum hendaklah mengetahui dan mengikuti gerak gerik imam
3.    Makmum hendaklah tidak mendahului imam dalam gerakan sholat
4.    Makmum hendaklah berada dalam satu tempat dengan imam
5.    tempat berdiri makmum tidak lebih maju kedepan daripada imam

3. Macam-Macam Makmum
          Dalam sholat berjamaah, makmum dibedakan menjadi dua sebagai berikut .
1.    Makmum Muwafiq, yaitu makmum yang dapat mengikuti sholatnya imam secara sempurna mulai dari rakaat pertama sampai akhir.
2.    Makmum Masbuq, yaitu makmum yang tertinggal minimal satu rakaat bersama imam

          Beberapa ketentuan tentang makmum masbuk sebagai berikut.

 1.    Apabila makmum takbiratul ihram sewaktu imam belum rukuk, hendaklah makmum membaca Surah al-Fatihah [1] sedapat mungkin. Akan tetapi, jika belum selesai membaca Surah al-Fatihah [1] imam telah rukuk, maka makmum melakukan rukuk  mengikuti imam.
2.    Apabila makmum mendapati imam sedang rukuk, hendaklah makmum takbiratul ihram kemudian melakukan rukuk mengikuti imam.
3.    Makmum masbuq yang dapat melakukan rukuk bersama imam dengan sempurna, maka sholatnya dihitung mendapat satu rakaat

4. Saf Sholat Berjamaah
         Saf dalam sholatberjamaah artinya barisan sholat makmum di belakang imam. Sebelum sholat berjamaah dimulai, saf harus di tata agar rapi dan tertib. Saf yang baik adalah saf yang lurus, rapat, dan tertib. Oleh karena itu sebelum sholat berjamaah dimulai, imam disunahkan untuk memerintahkan para makmun agar meratakan saf serta menutupi barisan yang masih lowong sebelum memulai sholat. Hadis dari Anas, katanya:

المعنى: أن النبي محمد. التي تواجهنا قبل تكبر وقال: "ضغط صفوفكم وبلغ متوسط ​​(رواه البخاري ومسلم)
Artinya: Bahwa Nabi Muhammad saw. menghadap kepada kami sebelum takbir dan bersabda: "Rapatkan barisanmu dan ratakan. (H.R Bukhari dan muslim)


قوله تعالى: عن أنس بن مالك، قال النبي: "تسطيح القوات المسلحة السودانية والقوات المسلحة السودانية التسوية لأنه يتضمن في الواقع الكمال من الصلاة". (رواه البخاري)
 
 
Artinya: Dari Anas bin malik, Nabi saw Bersabda: "Ratakan saf, sebab sesungguhnya meratakan saf itu termasuk kesempurnaan sholat." H.R. Bukhari
 
   

5 komentar:

Unknown 24 Januari 2014 pukul 05.42  

Kalau shaf terputus, misalkan ikut shalat berjamaah tp di dlm rumah sendiri karena rumahnya disamping masjid. Sah apa tidak shalat jamaah orang ini. Terima kasih.

Unknown 9 Juni 2014 pukul 00.57  

Tidak sah karena harus dalam satu majelis

Unknown 29 Juni 2015 pukul 20.01  

asslamualaikum
dalam solat berjamaah sof pertama penuh,kemudian sof kedua hanya ada satu atau dua orang dimana posisi yang bersangkutan
wassalam

Unknown 29 Juni 2015 pukul 20.04  

asslamualaikum
dalam solat berjamaah sof pertama penuh,kemudian sof kedua hanya ada satu atau dua orang dimana posisi yang bersangkutan
wassalam

maeveshackbarth 3 Maret 2022 pukul 07.58  

Harrah's Resort Southern California - Mapyro
› harrahs-resort-socal › harrahs-resort-socal 서산 출장샵 HARRAH'S RESORT 문경 출장샵 SOUTHERN CALIFORNIA · PO BOX 393 영천 출장마사지 · 대전광역 출장마사지 FITNESS CENTER 4564 용인 출장안마 · RATE OF THE PEPPER POKER · RESORT CASINO, PO BOX.

Posting Komentar

https://sites.google.com/site/indoblogtrik/indoblogtriklovingheartsample.html Cute Onion Club - Onion Head https://sites.google.com/site/indoblogtrik/indoblogtriklovingheartsample.html